Ekonomi Syariah Mengalami Pertumbuhan Cukup Pesat

Diskusi Terbuka / Foto: Istimewa

Ekonomi Syariah mengalami perkembangan cukup pesat hingga ke tingkat diskursus. Gagasan ekonomi Islam sebagai diskursus telah berkembang di tingkat nasional Indonesia, kawasan Asia Tenggara juga di tingkat internasional khusunya di Wilayah Sulawesi Selatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Zoel Dirga salah satu pembicara dalam Diskusi Terbuka dengan tema “Perkembangan Ekonomi Syariah Masa Kini di Wilayah Sulawesi Selatan” yang merupakan rangkaian kegiatan Accounting Carnaval #6 HIMATA Unifa di mini ballroom Unifa. Sabtu (13/4).

Dirinya menyebut ekonomi syariah mengacu pada kitab suci. Berbeda dengan kapitalis yang sistemnya mengedepankan keadilan.

“Ekonomi islam itu acuannya pada kitab suci. Bukan pandangan hidup dari kapitalis. Sistem ekonomi kapitalisme negara yang kelola, pandangannya lebih berbicara pada keadilan. Maksudnya adalah bebas dalam kepemilikan, bebas dalam pemanfaatan dan bebas menempatkan”, terang Konsultan Keuangan Syariah Shada Land Group tersebut.

Ia menambahkan perbankan syariah yang berbasis syariah melahirkan bank yang berunsur syariah. Bank yang tidak meniadakan riba, masyir, dan juga gharar yang saat ini perkembangannya begitu cukup pesat. (*)

(Muhair/hitscampus.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *