Di era Industri 4.0, Akuntan Harus Berinovasi dan Melek Teknologi

Seminar Nasional Akuntansi | Foto: Muhair (hitscampus.com)

Teknologi Informasi Akuntansi Sebagai Jawaban Revolusi Industri 4.0 yang menjadi tajuk utama dalam pembahasan Seminar Nasional yang merupakan rangkaian kegiatan Accounting Carnaval #6 Himpunan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Fajar (HIMATA Unifa) di ballroom Unifa. Kamis (11/4).

Adapun sebagai pembicara dalam seminar tersebut yakni IBK Bhayangkara Penulis Buku Audit Manajemen, Ratnasari Tenaga Edukatif, Dedi Irawan CSO PT Smartfren Telecom, Nur Arkam Dosen STIA-LAN Makassar, dan Rudianto Direktur CV Booble Mitra Kreatif.

Nur Arkam salah satu pembicara seminar menyebut revolusi industri 4.0 sudah mempengaruhi sendi-sendi kehidupan dan dampaknya sangat besar bagaimana penyebaran informasi yang begitu cepat.

“Di era seperti ini tentu percepatan informasi begitu pesat dan sangat cepat. Termasuk pemanfaatan teknologinya yang memberikan dampak besar dalam berbagai aspek khusunya Akuntan”, paparnya di sela-sela seminar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ratnasari perkembangan teknologi saat ini sangat pesat. Semuanya sudah serba digital. Apapun sekarang yang kita butuhkan semuanya serba digital dan online. Semuanya ada didalam genggaman kita.

“Yang menjadi problemnya adalah antara akuntan dan digitalalisasi. Secara penerapan teknologinya sudah sangat membantu namun yang perlu kita sadari bahwa akuntan masih sangat penting peranannya dalam membuat laporan audit keuangan secara manual”, ucapnya.

Di akhir seminar IBK bhayangkara yang juga sebagai pembicara mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi itu hanya untuk meningkatkan kualitas. Dalam audit pemanfaatan teknologi menjadi solusi dalam memudahkan tugas auditor serta efisien.

“Akuntan diharapkan mampu memanfaatkan teknologi sebagai bagian dalam peningkatan kualitas kerja. Karena akuntan perlu melek teknologi. Di era industri 4.0 tantangan tersebut semakin dinamis. Akuntan maupun auditor dituntut memiliki kompetensi yang mumpuni baik teknis akuntansi maupun teknologi yang mengiringi perkembangan akuntansi sebagai peningkatan kualitas. Serta melek akan teknologi informasi dan selalu berinovasi”, tutupnya.

(Muhair/hitscampus.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *